Tentang USM STAN 2011

Salah satu kementerian yang paling penting di negara tertjintah kita ini adalah kementerian keuangan. Dalam rangka memenuhi permintaan pegawai yang ada di kementerian keuangan, salah satunya (selain tes CPNS) didirikanlah STAN. nah sumberdaya manusia yang akan digodok di STAN ini disaring dengan yang namanya USM STAN

USM STAN diadakan tiap tahun, dengan jumlah peserta yang naudzubillah, dan jumlah yang diterima rata-rata 2-4% tiap tahun. jumlah peserta yang diterima tersebut merupakan proyeksi kebutuhan pegawai di Kemenkeu dalam 5 tahun kedepan (untuk DIII) dan 3 tahun kedepan (untuk DI)

Misal ni ya, tahun 2008 STAN menerima 2000 mahasiswa DIII, maka kebutuhan lulusan DIII Kemenkeu tahun 2013 adalah sekitar 2000 anak. Trus tahun 2011 kemarin kan nerima sekitar 1600 mahasiswa DI, jadi kebutuhan Kemenkeu terhadap lulusan DI 3 tahun mendatang sekitar 1600 lulusan.

Ini juga menjawab pertanyaan kenapa tahun 2011 kemarin cuma buka D1 aja
Tahun depan? hanya Tuhan yang tau, soalnya kayak kantor pajak, kantor bea cukai dan instansi2 lain baru menyerahkan jumlah yang mereka butuhkan 5 tahun ke depan pas mendekati USM.

Jalur masuk STAN cuma ada USM STAN (jadi ga da yang namanya PMDK, apalagi SNMPTN :p), sampai tahun 2010 tesnya cuma tes tulis, namun mulai tahun 2011, USM STAN terdiri dari 4 proses:
1. Verifikasi Berkas
2. Tes Tulis
3. Tes Kesehatan & Kebugaran
4. Tes Assesment

Oke pertama Verifikasi Berkas. Verifikasi berkas ini merupakan pemeriksaan kelengkapan dan syarat-syarat yang harus kamupenuhi untuk ikut USM.Alurnya, kamudaftar online -> ngirim berkas-berkas syarat ke STAN lewat pos -> oleh STAN berkas tersebut diperiksa -> pengumuman yang lolospemerriksaan/verifikasi ->kamumembayaruangpendaftaran -> mengambil nomor ujian

tahun 2011 kemarin ada sebanyak 50 ribuan peserta yang lolos verifikasi berkas, namun yang mengambil nomor ujian cuma 40 ribuan. ntah lah kenapa ada 10ribuan anak yang ga ngambil nomor ujian sehingga ga bisa ujian.

Kedua Tes Tulis, tes tulis merupakan step paling krusial dalam 4 tahapan diatas, kenapa? karena paling banyak yang gugur tu disini. bisa dibilang, kalo lolos tes tulis, udah menginjakkan satu kaki di STAN. tahun 2011, dari 40 ribuan peserta tes tulis, diambil sekitar 2700 anak yang akan mengikuti tahap selanjutnya. Tes tulis nanti akan dijelaskan lebih detail.

Tahap selanjutnya adalah Tes Kesehatan dan Kebugaran. Tes Kebugaran meliputi lari keliling lapangan selama 12 menit dan lari membentuk angka 8.
Sedangkan tes kesehatan meliputi check up:
1. Mata
2. Tenggorokan
3. Denyut Nadi
4. Tensi Darah
5. Buta Warna
6. Telinga

Tahun 2011 ada 1700an anak yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu tes assesment, jadi ada sekitar 1000 anak yang gugur di tes kesehatan dan kebugaran ini.

Trus Tes Assesmentitu kayak gimana? Tes assessmentnya disuruh nulis riwayat hidup, antara lain: data diri, sekolah, organisasi sekolah, kursus, prestasi, penguasaan mengenai komputer dan kemampuan yang inginkamukembangkan. Nanti akan ditanya tentang riwayat hidup yang kamutulis itu dan juga ditanya alasan “kenapa ingin masuk ke STAN? atau “bagaimana apabila ditempatkan dijurusan yang tidak kamuinginkan? Apakah masih minat?”

Nah setelah tes assessment ini lolos berarti udah resmi diterima sebagai mahasiswa STAN, tinggal daftar ulang aja.

Kok tesnya jadi banyak gini? kenapa ga kayak taun2 lalu tes tulis aja??? kalo tes tulis aja, itu malah yang aneh, soalnya di perguruan tinggi kedinasan lain ya ada beberapa tahap gini tesnya, kayak IPDN, STIS, dkk itu tesnya dari dulu udah beberapa tahap.

Jadi selain otak yang encer, diperlukan juga fisik yang baik dengan olahraga yang cukup. yang cowok sono gih tendang bolanya, yang cewek sono gih lempar bola bekelnya #lohkok?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar