PROFIL LENGKAP D1 STAN

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2011 kemarin USM STAN cuma membuka diploma 1, yaitu D1 Pajak dan D1 Bea Cukai (taun taun sebelumnya ada DIII akuntansi, pajak, PPLN, anggaran, PBB, bea cukai dan DI bea cukai). Sedangkan taun depan bukanya apa masih belum tau tau. #keeppraying(ʃ_ƪ)
Hmmm D1 ya? Kok ga elit banget kedengerannya. Tapi tunggu dulu, ini BDB, “Bukan D1 Biasa”. Waaa Afgaaan!!! Afgaaan!!! #plak!!
Emang gimana sih D1 STAN? keterangan ini bedasarkan kejadian taun-taun sebelumnya, jadi kalo ada kebijakan yang berubah, itu di luar perkiraan.

MASA KULIAH
masa kuliah D1 cuma satu tahun, jadi cuma ada 2 kali masa semester, sehingga 'peluang' ter-DO itu relatif lebih kecil dari D3. Mulai kuliah sekitar januari dan berakhir akhir taun.
FYI mahasiswa bisa terDO karena 2 hal, pertama nilai yang kedua indisipliner. Jarang banget kok mahasiswa yang terDO karena nilai, kebanyakan sih indisipliner, missal bolos atau nyontek.
Dan yang paling penting sama kayak DIII, DI ini juga GRATIS dan IKATAN KERJA

TEMPAT KULIAH
tempat kuliahnya ditentukan oleh pihak STAN sendiri dan baru tau ketika pengumuman. Selain di Jakarta, tempat kuliahnya juga disebar di beberapa daerah, yaitu Cimahi, Malang, Balikpapan, Makassar, Bali dll. Jadi meski daftar dan ikut USM di Malang, tempat kuliahnya bisa di Makassar atau Balikpapan atau lainnya. Nentuinnya berdasarkan apa saya juga kurang tau, tapi kayaknya ngacak deh. Yang jelas bukan karena wajah ;p
AFTER LULUS
setelah lulus D1 STAN, maka akan langsung magang sekitar 1 tahun. sehabis magang, akan ada Prajabatan yakni diklat pemantapan menjadi CPNS. Setelah lulus Prajab maka kita akan ditempatkan dan tinggal menunggu SK PNS. jadi ga langsung lulus D1 langsung kerja tapi magang setahun trus prajab dulu. Kira-kira umur 19 tahun udah jadi PNS, bayangin aja, masih unyu maksimal dah jadi pegawai dan nerima gaji.

WAJIB KERJA
wajib kerja lulusan D1 adalah 4 tahun. Kalo sebelum masa wajib kerja habis dan mau keluar dari Kementerian Keuangan, maka harus mengganti biaya ganti rugi uang kuliah sebesar 10 juta. Kayak kasus Briptu N*rman kemarin yang keluar dari kepolisian, maka dia harus mengganti biaya ganti rugi pendidikannya. Tapi jangan mengundurkan diri kayak gitu ya, kayak Briptu Eka Frestya dooonk ♥_♥(ʃƪ˘ڡ˘)
Trus setelah 4 tahun wajib kerja, maka akan ditawari, mau nerusin atau ga. Kalo nerusin ya tetep jadi pegawai, bila ga nerusin ya terserah mau ngapain, mau bentuk boyband,girlband juga boleh atau mau duet ma Cherrybelle juga gak papa ♥_♥ (ʃƪ˘ڡ˘)

PENEMPATAN
penempatan kurang lebih sama dengan yang D3, yaitu di seluruh Indonesia. Penempatan bisa berdasarkan kebutuhan, bisa ngacak, bisa berdasarkan IP (nilai). Biasanya (tapi ga selalu) yang IP-nya mepet bates DO, bakalan ditempatin di daerah antah berantah, ga ada di google apalagi foursquare #ahahahaha#gasegitunyaaaaa ƪ_(☉▿▿▿▿▿▿☉)_ʃЩ(°Д°Щ)


KARIER
lulusan D1 masuk ke pegawai golongan II-A, sedangkan lulusan D3 masuk ke golongan II-C. Kenaikan pangkat PNS tiap tingkatan (dari II-A ke II-B dari II-B ke II-C dan seterusnya) yaitu empat tahun sekali dan dimungkinkan kenaikan pangkat dapat dipercepat dengan kesetaraan pangkat. Hal itu dapat dilakukan dengan menempuh pendidikan di luar jam kerja.Selain itu ada jabatan fungsional pegawai, mereka kebanyakan lebih cepat naik pangkat dari pada pejabat struktural.

GAJI
Gaji pokok pegawai II-A dengan masa kerja 0 tahun adalah 1,5 juta. kalo misal ditempatkan di Direktorat Jendral Pajak, maka akan mendapatkan tunjangan sekitar 2,6 juta. Jadi total sekitar 4,1 juta. cukup tinggi bukan totalnya? selisih 'take home pay' dengan lulusan D3 cuma sekitar 800ribu (sama2 pegawai pajaknya fresh graduate). Asiik bisa beli bebeh nich =D˘•˘=)) нɑɑ˘°˘нɑɑ˘°˘нɑɑ=))˘•˘=D
=D˘•˘=)) нɑɑ˘°˘нɑɑ˘°˘нɑɑ =))˘•˘=D
ƪ(˘⌣˘)┐tory.. ƪ(˘⌣˘)ʃ tory.. ┌(˘⌣˘)ʃ tory.. ƪ(˘⌣˘)cheese.. ƪ(˘⌣˘)┐
huh alay \(#`⌂´)/┌┛*(☆,✗)


KULIAH LAGI
1. D3-khusus
tiap tahun STAN juga mengadakan USM khusus anak D1 STAN (ga tau kalo taun depan, ada ga). jadi peserta USM adalah anak D1 STAN untuk dapat masuk D3-khusus. apabila diterima, maka akan kuliah dengan masih ber-status sebagai pegawai tapi ga kerja selama kuliah, tetep dapet gaji (walaupun, kalo ga salah, ga dapet tunjangan). tempat kuliah di kampus STAN Bintaro juga. Setelah lulus D3 khusus maka pangkatnya akan naik dari golongan II-A jadi II-C.
2. Kuliah biasa
kalo mau nerusin kuliah juga bisa, FYI, alumni STAN banyak yang ngambil jalan ini pula. Tentu saja ada aturannya kalo kuliah lagi. Setelah lulus, bisa mengikuti ujian penyetaraan dan bila lolos maka akan naik pangkat.

PLUS-MINUS
plus (+)
1. Pastinya lebih cepat, cocok buat yang punya butuh mendesak (contoh: mesti segera biayai kuliah adek²nya, pengen cepet kawin #ehnikah (¬ _ ¬"))
2. Cuma melewati 2 kali masa semester, berarti tekanan frekuensi DO cuma dikit/bentar
3. Hemat umur, masih unyu-unyu dah jadi pegawai (っˆヮˆ)っ
4. Beda take home pay dengan lulusan D3 cuma 800 ribu (fresh graduated, instansi Pajak)

minus (-)
1. Pangkat rendah
2. Kurang gengsi (buat yang gengsian)

1 komentar:

  1. nice..
    pengen nie masuk D1 STAN..
    moga2 keterima ya .. amin

    BalasHapus