PENGHASILAN ANAK STAN

PENGAJAR
anak STAN banyak sekali yang menjadi pengajar, gajinya gede lo, maklum yang diajar orang kota. kalo ngajar SMA per pertemuan privat upahnya antara 50ribu - 100 ribu / 2 jam. biasanya anak yang ngajar disini kaya2. temenku ada yang ga minta uang ortunya, biaya kos, hidup dll udah ketutup upah mengajar. dia juga bisa beli netbook, printer ma HP sendiri dari penghasilan ngajarnya tersebut. biasanya dapetnya murid itu warisan dari anak tingkat akhir yang lulus, trus kemudian murid yang biasa dia ajar "diwariskan" ke adik tingkat. bisa juga nyari murid sendiri. atau bisa juga ngajar di bimbel STAN juga.

JUALAN
beberapa anak di STAN juga jualan, namun jumlahnya ga sebanyak anak yang ngajar. biasanya jualan di kaskus atau FB, yang dijual kadang kaos, hardware, software, tapi yang paling banyak adalah buku STAN kayak saya (っˆヮˆ)っ#promositerselubung hihihi :p

GAJI
kalo udah tingkat 3, per bulan akan dapet gaji. jumlahnya 40ribu per bulan, sehingga lebih cocok disebut uang jajan atau uang fotokopi. Ga usah dijelasin panjang lebar ya, ga worthY ma nominalnya (つ_-”)

BANTUAN
bantuan disini semacam beasiswa buat biaya hidup, buat anak yang memang benar2 tidak mampu. tapi asalnya bukan dari STANnya. yang saya tau, ada dosen yang ngasih bantuan kayak gini buat mahasiswa2 yang ga mampu. trus kalo ga salah ada organisasi dari BEM juga yang ngasih. untuk minta tolong bantuannya, bisa tanyakan ke mas yang mewawancarai pas daftar ulang, pasti dibantu kok. cerita aja keadaan sebenarnya. tapi yang jujur dan kamumemang benar2 ga mampu.
salah satu poin penting dalam tulisan ini adalah sebaiknya kalian mengenal dan memanfaatkan kakak kelas, buat nyari kos, pinjem buku, warisan murid bimbel dll. ga harus yang udah kenal sebelumnya, yang ga kenal pun sebaiknya juga dekat. gpp jadi anak SNSD #eh SKSD (sok kenal sok deket), asal tujuannya baik. ikut organisasi juga bagus, semakin menambah kenalan. jangan kayak saya ga ikut organisasi sama sekali :p #janganditiru

kalo saya pas di kampus yang lama (dulu sempat kuliah di kampus lain selama 2 mingguan) saya juga SKSD gitu, hampir semua kaka tingkat yang ketemu saya, saya ajak kenalan atau paling ga, ngobrol gitu. hasilnya ya dalam beberapa hari udah kenal ma pengurus2 BEM, trus maen ke kos, diajak organisasi dan kalo saya butuh bantuan atau tanya apa2, mereka siap. dan ketika setahun kemudian saya main kesana lagi, beberapa orang masih ingat saya, malah saya yang lupa (¬ _ ¬")"
poin yang paling penting, lolos USM dulu, ga usah mikir macam2 jauh ke depan, biaya dll. pikirin apa yang ada di hadapanmu aja. masalah nanti, dipikir nanti aja. jika sekarang mungkin belum terpikirkan jalannya, nanti ketika menghadapinya pasti ada jalannya, kita punya Tuhan, percayalah akan kuasa-Nya. :)

2 komentar:

  1. ka boleh minta no hape nya ? kalo ga boleh , minta follback nya aja ya ka @neyanry biar aku bisa DM kaka :) makasih

    BalasHapus
  2. @neyaney maksud nya ka

    BalasHapus