BIAYA BIAYA SELAMA KULIAH DI STAN

banyak yang bilang kalo kuliah itu mahal. ga hanya kuliah, beras mahal, internet mahal, Samsung Galaxy Tab mahal, iPhone mahal (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩), pertamax mahal, maicih mahal (╥_╥) dan tiket konser SNSD juga mahal. namun salah satu yang semakin murah, yaitu harga diri wanita. Banyak sekarang wanita yang menyerahkan kehormatan mereka hanya demi sesuap nasi dan segengam berlian. tak taukah mereka bahwa mayoritas penghuni neraka adalah wanita. loh! kok jadi pak uztad??? (¬ _ ¬")
sekarang mari kita bahas mengenai biaya2 yang dikeluarin kalo lo kuliah di STAN dari awal sampai akhir. loh kok bayar? kok putih? kok poniiiii...????ƪ(―˛―“)ʃ
Ini khusus yang di kampus STAN Jakarta aja ya. Kalo yang di daerah lain kurang tau menau. Pertama jangan bayangin STAN itu letaknya di perkotaan, dekat jalur bus way, diujung monas, dekat dengan gedung2 pencakar galaxy andromeda, deket Tunjungan Plaza (#zzzing!!! itu di Surabayaaa!!! Щ(º̩̩́Дº̩̩̀Щ)) atau di dalam kantor PSSI. STAN sebenarnya letaknya di pinggiran tangerang, bukan Jakarta (kecuali yang bea cukai). jadi ga kota-kota amat. Jadi sebutan STAN Jakarta selama ini sebenarnya kurang tepat, lebih tepatnya STAN Tangerang. #walaaaah‎(˘̩̩̩o˘̩ƪ)

STAN ga memungut biaya kuliah, jadi ga ada yang namanya SPP ataupun uang gedung. namun untuk biaya kost (di STAN ga ada asrama), biaya hidup dan biaya lain2 itu menjaadi tanggungan sendiri. berikut rinciannya (belum termasuk biaya pendaftaran USM yang 150ribu itu ya):

DAFTAR ULANG
di STAN ada biaya daftar ulang, namun jangan harap biaya daftar ulangnya 300 juta. dalam beberapa tahun terakhir biaya daftar ulangnya berkisar antara 600ribu - 800ribu saja. biaya ini sebenarnya bukan biaya yang dipungut oleh lembaga, melainkan oleh BEM. sehingga menjadikan BEM STAN sebagai BEM terkaya di Indonesia. gunanya buat kegiatan kampus selama setahun. maka jangan heran, biaya ikut seminar2 yang diluar harganya ratusan ribu, di STAN seminar serupa tiketnya sepuluh ribu aja. walopun begitu pesertanya biasanya begitu sedikit. *jangan tanya saya ikut ato ga ya :p
nah, apabila biaya daftar ulang tersebut tidak mampu dibayar, maka lo bisa ngajuin keringanan ke mas petugasnya. syaratnya bawa surat keterangan ga mampu dari desa (Q: "loh kak, rumahku kota tu, trus gimana???? :p" A: "#tssssah!! -___-"), keringanan ini bentuknya bisa keringanan sebagian, bisa keringanan total. buat yang ngajuin keringanan, maka nanti akan diwawancarai oleh mas petugasnya, biasanya pertanyaannya: "orang tua kerjanya apa, berapa penghasilan sebulan, saudaranya berapa, sebulan habis pulsa berapa, HP nya apa, dll. nah disini lo harus jawab jujur ya. jangan, HPnya blackberry Bold trus bilang ke masnya HPnya nokia 1200 ya,,,, :p yang punya 1200 jangan tersinggung ya, punya saya juga 1200 kok :) #tapiHPkedua :p
penentuan apakah dapet keringanan penuh atau keringanan sebagian (misalnya cuma bayar setengah, atau sepertiga, seperempat, 3/16nya, 45/879 nya) itu bedasarkan wawancara tadi. tapi jawab yang jujur ya :)

KOST
mayoritas anak STAN itu kost, karena memang mayoritas dari daerah, sedangkan yang rumahnya dekat2 STAN ya ga terlalu banyak juga. biaya kost di STAN ngitungnya per tahun, bukan bulanan. rata-rata kosan cewek biayanya lebih mahal dari kosan cowok. ya maklum laaah cewek kan cerewet dan banyak maunya #mintadigampar :p "ih jorok", "ih sempit kamarnya", "ih jauh", "ih kamar mandinya ada kecoanya" *kalo ini saya juga ngeri* ‎(⌣_ ⌣!!)
sama seperti ketika menghadapi cowok, ketika cowoknya perhatian bilangnya posesif, si cewek bilang "stop perlakuin (┌','┐) gue kayak anak kecil, plis! (┌','┐) gue juga punya hidup, (┌'o')┌ eloh itu dah keterlauan, ortu (┌','┐) gue aja ga pernah ngelarang-larang (┌','┐) gue kayak gini!".
trus kalo cowoknya ga perhatian ma ceweknya, ceweknya bilang "eh, ketek badak! (┌'o')┌ eloh nganggep (┌','┐) gue apa? sms ga pernah, nanyain kabar ga pernah, jadi sekarang (┌'o')┌ eloh dah ga nganggep (┌','┐) gue lagi??".
trus ketika cowoknya njawab, "trus mau lo sebenarnya apa?" #cowoknyagaalayceritanya
langsung dijawab ma ceweknya, "(┌'o')┌ ELOH (┌','┐) GUEH ┐(⌣,⌣)┌ END!!!"
trus kalo diputus nangis (¬ _ ¬") #maunyaapaƪ_(☉▿▿▿▿▿▿☉)_ʃ
yaaaa tapi cewek2 yang baca ebook ini sepertinya baik2 n ga kayak gitu kok :P #biargadigampar (✿◠‿◠)

nah, based on cewek banyak maunya diatas, biaya kos cewek sekamar rata-rata 4-7 juta setahun sekamar. sedangkan cowok raat-rata harganya antara 3-6 juta setahun sekamar. kalo dirasa kemahalan, kalian bisa ngekos sekamar dua anak. jadi biayanya dibagi 2. atau bisa juga ngontrak, contohnya kontrakan saya totalnya 11 juta setahun dibagi 5 anak. masalah nyarinya ga usah khawatir, hubungi aja kaka kelas SMA dulu, pasti dibantu kok:) kalo ga punya kakak kelas bisa nyari sendiri. kalo masih mahal, baca note ini sampai habis, nanti ada solusinya :)

atau kalo pengen lebih murah lagi kalian bisa tinggal di "pondok paman indah", "wisma sepupu ayah" atau "perumahan saudara ibu" saya jamin, tinggal, makan, dan lain2 GRATIS!!! (✿◠‿◠)

MAKAN
kalo makan ini tergantung masing-masing. kalo nasi ama sayur doank, ya skitar 2000 kalo ma sayur tahu tempe, 3000 lah sekali makan. kalo nambah telur ya 4000-5000an. kalo pengen lebih murah bisa katering. biayanya sebulan antara 200-300ribu. sehari jatahnya 2 kali. kalo mau makan enak ya antara 6-9ribu. kalo minum biasanya belinya aqua galonan. per galon biasanya cukup buat 2 minggu / anak. segalon aqua harganya 12ribu, kalo VIT 9ribu, kalo pengen yang lebih murah beli isi ulang aja, 2ribulimaratus. kalo pengen yang gratisan, dimakan aja di warungnya, trus kalo ditanya penjualnya: "minumnya apa mas?", jawab: "air putih". (✿◠‿◠)

LISTRIK DAN PULSA
listrik disini tergantung kebijakan kos, beberapa kos udah menyertakan biaya listrik pada biaya sewa, tapi sebagian tidak. jadi tanyakan dulu sebelum menyewa, apakah harga yang ditawarkan udah termasuk listrik apa belum. kalo masalah pulsa itu tergantung pemakaian. kalo sering telpon2nan, sms2an, ngenet, dsb ya bisa banyak. tips: telpon orang tua nya tengah malem aja, trus kalo ngenet pake 0.facebook.com, 0.twitter.com, 0.google.com #ngarep :p

BUKU, FOTOKOPI, TUGAS, TUGAS AKHIR
di STAN sebenarnya ada perpus yang bukunya bisa dipinjem, namun kadang bukunya sudah habis atau buku yang dosen sarankan tidak ada di perpus. di STAN buku2 yang biasanya dipake dosen sudah ada di fotokopian, jadi tinggal bilang ke mas fotokopi, "mas fotokopi buku judul ini dunk" maka masnya udah ngerti. kalo mau hemat, pinjem aja punyya kakak kelas aja. kalo udah naik tingkat, biasanya buku2 tsb emang ga kepake. trus kalo masalah tugas itu tergantung dosennya, ada yang ngasih tugasnya cuma ngerjain soal di buku, ada yang buat makalah. nah mungkin untuk buat makalahnya ini yang keluar biaya, namun termasuk jarang kok. may be 2-4 minggu sekali. kalo tugas akhir (kalo S1 namanya skripsi) ga keluar uang banyak kok, mungkin akan sedikit menyita uang di print dan jilid. print nya per lembar paling murah 200rupiah..

HIBURAN
hiburan disini tergantung masing2 anak juga. kalo lo suka jalan2, nonton bioskop, trus ke mall, plaza, atau nonton super show 4, kimichi, konsernya LP, Bruno Mars dan kawan-kawan ya bakalan membludak. kalo saya sendiri sih hiburannya selain ngenet, ya nonton tv aja. jam 12, dong yi di indosiar, trus nonton bauk seung jo, ohhani, jeun hera ♥_♥, jeun go eun jo, min ah dkk di naughty kiss, wkwkwkwkkwk, trus sorenya nonton spongebob, patrick :3, squidward dkk (tiap jam setengah 7 ada episode terbaru lo :p), malemnya OVJ, empat mata, (eh kemarin lusa ada briptu eka frestya loh ♥_♥) bioskop trans 7, dll. itu semuanya dah membuat saya sangat terhibur (•”̮ •)з

2 komentar:

  1. haduuuh,,, adminnya ternyata k-pop juga... hahahhaha
    annyeonghaseo.. #pllak
    ngomongin masalah nyari kost,, aku minta bantuan ma adminnya aja ya... hahahha#ngarep
    *diterima aja belom tentu* hahaha
    tapi ya insyaAllah ada jalan lah,, heheheh

    BalasHapus
  2. ampundeh koplak juga ..:D
    fans briptu eka juga lagi. ahahaha

    ka gmn caranya deket sama kaka kelas sebelum kita bisa masuk stan :D

    BalasHapus